Sub4Sub di Youtube: Kenapa Tidak Disarankan untuk Meningkatkan Subscriber

Saat ini, Youtube bukan hanya sebagai ruang hiburan, tetapi juga sebagai ladang penghasilan yang menarik. Banyak orang yang ingin hidup dari sana. Ada berbagai cara agar bisa sukses di dunia Youtube, seperti menjadi reuploader, gamer, atau bahkan melakukan sub4sub. Dalam artikel ini, kami akan membahas sub4sub.

Apa itu sub4sub? Sub4sub adalah aktivitas saling subscribe antara Youtuber agar channel mereka memiliki banyak subscriber. Aktivitas ini biasanya dilakukan di grup-grup youtuber yang ada di Facebook. Namun, aktivitas ini tidak memberikan dampak maksimal yang diharapkan. Ada beberapa alasan mengapa.

Pertama, dengan memaksa orang lain untuk subscribe akun kita, ada kemungkinan suatu hari dia akan melakukan unsubscribe jika konten yang kita upload kurang atau bahkan tidak berkualitas. Kita tidak bisa memaksa orang lain untuk menjadi subscriber kita jika video kita tidak sesuai dengan minat mereka. Ironisnya, banyak pelaku sub4sub yang justru menghina orang-orang yang unsubscribe channel mereka. Kita harus menghargai pendapat orang lain dan memperbaiki kualitas konten kita agar bisa mempertahankan subscriber dengan baik.


Contoh sub4sub yang nyumpahin orang

Kedua, subscriber yang diperoleh melalui sub4sub tidak selalu berarti mereka akan menonton video kita. Ada kemungkinan bahwa mereka hanya menjadi subscriber pasif yang tidak berinteraksi dengan channel kita. Mereka mungkin tidak tertarik dengan konten kita, tetapi hanya melakukan sub4sub untuk meningkatkan jumlah subscriber mereka sendiri. Kita harus fokus pada menarik audiens yang sebenarnya tertarik dengan konten kita, sehingga dapat meningkatkan kualitas tayangan kita.

Ketiga, sub4sub membuat sulit untuk membedakan mana subscriber yang benar-benar tertarik dengan konten kita dan mana yang hanya melakukan sub4sub. Kita harus mengukur kualitas konten kita dengan pengukuran yang akurat agar dapat memperbaiki konten kita dan meningkatkan jumlah viewer dan subscriber secara organik.

Kesimpulannya, meminta orang lain untuk subscribe channel kita adalah hal yang wajar, tetapi memaksa mereka untuk melakukan sub4sub bukanlah cara yang tepat. Kita harus menghargai pendapat orang lain dan memperbaiki kualitas konten kita agar bisa mendapatkan subscriber secara organik. Dengan subscriber yang sebenarnya tertarik dengan konten kita, kita akan lebih termotivasi untuk berkarya dan meraih kesuksesan di Youtube.

Share:

31 komentar:

  1. Gaan alamat youtubeny apa nih ? kita SUB4SUB yook ! wkwk Ga ding ,
    Aku juga dulu beberapa tahun lalu menggunaka prinsip Sub4Sub tapi mkain lama malah cape.
    yaudah aku fokus uploud video saja masalah subscriber biarkan saja,
    eh ga taunya sampe sekarang malah banyak yang subscribe dengan sendirinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget gan, yang penting fokus bikin karya yang bagus aja dulu, ntar viewer sama subscriber pasti nyusul kalo konten kita berkualitas. Btw, isi channelnya tentang apa gan?

      Hapus
    2. Betul bangaat mba.. qjuga begitu.. mw nyampe seribu tpi pada ilang trus.. mw 2 Minggu dah naik turun lagi

      Hapus
  2. Menurut saya bagi para pemula tidak Maslah sub4sub
    Yang penting dilakukan dengan cara yang sehat tidak membabi buta .YouTube memberikan batasan maksimal sub ke 75 channel perhari. Kalau itu dilakukan, masih wajar kok efeknya.
    Yang berbahaya itu kalau menggunakan aplikasi atau web fihak ketiga dengan cara membayar orang lain, membeli dan sebagainya ...
    Sekedar pengalaman....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi nantinya akan percuma saat sudah memiliki banyak subscriber dari hasil sub4sub tapi mereka nggak tertarik nonton video kita :)

      Hapus
  3. Min mw tnya nih ,,klo kita baru jadi youtuber kisaran 2bulan kan subcribe dan view baru sdikit ,bisa ga lgsung dftar akun adsense ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung daftar sih bisa-bisa aja, tapi baru diapprove saat channel kita sudah memenuhi persyaratannya. Syaratnya apa aja? Minimal punya 1000 subscriber sama total jam tayang video kita udah mencapai 10.000 jam dalam 12 bulan terakhir.

      Hapus
  4. Min...
    Apakah berpengaruh terhadap channel kita, apabila kita unsub channel orang...

    BalasHapus
  5. Mau tanya, pernah melakukan sub for sub dan kemudian memutuskan untuk tidak melakukan sub for sub lagi agar subscriber lebih natural, nah apakah kalau kita pernah sub for sub lalu berhenti dan lebih memilih subscriber alami, ketika sudah sampai batas syarat monetize apakah channel kita tetap bisa diakui oleh youtube dan bisa monetize?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin masih bisa, mohon dikoreksi jika salah. Syarat monetize selain harus punya 1000 subscriber juga jam tayang dalam 12 bulan terakhir harus 4000 jam. Jadi kalo misalkan punya 1000 subscriber hasil sub4sub tapi kalo minimal jam tayangnya belum terpenuhi kan juga percuma, belum bisa dimonetize. Logikanya kalo kita sub4sub itu kan orang subscribe channel kita bukan karena ketertarikannya dengan channel kita, jadi kemungkinan video yang kita upload ditonton sama subscriber hasil sub4sub itu tadi kecil. Ujung-ujungnya ya ngaruh ke channel kita yang belum bisa memenuhi syarat minimal buat monetize. Semoga jawaban saya bisa memberikan pencerahan :)

      Hapus
  6. Mau nanya min...pernah sub for sub 3x setelah tawu itu pasti bermasalah ketika akan monetes..saya kemudian unsubcribe ke tiga tiganya. Apakah chanel saya masih bisa diperhitungkan?? Yang kedua di pencarian judul konten teman teman saya banyak yg langsung ngetik nama saya sebagai jalan pintas menemukan konten video saya...apa akibatnya terhadap chanel saya..?? Terimakash

    BalasHapus
    Balasan
    1. digitalwangi.com Jasa Aktifasi 4000 Jam Tayang, 1000 Subscriber YouTube Bergaransi, Dijamin Monetisasi Diterima Adsense. Kontak kami untuk order Jasa Tambah 4000 Jam Tayang Untuk Daftar Monetisasi YouTube Partner.

      Hapus
  7. Mau nanya min...pernah sub for sub 3x setelah tawu itu pasti bermasalah ketika akan monetes..saya kemudian unsubcribe ke tiga tiganya. Apakah chanel saya masih bisa diperhitungkan?? Yang kedua di pencarian judul konten teman teman saya banyak yg langsung ngetik nama saya sebagai jalan pintas menemukan konten video saya...apa akibatnya terhadap chanel saya..?? Terimakash

    BalasHapus
  8. Berdo'a, berjuang dan berusaha semaksimal mungkin itu jiwa Youtuber sejati
    By MSpd25r

    BalasHapus
  9. Bantu ya gan
    https://www.youtube.com/c/Izaqqmi

    BalasHapus
  10. Bang kalau subscriber ku setiap hati ilang terus kenapa ya? Dan kalau aku perhatikan detelah aku coment dan nonton video dari subscriber channel orang apakah ini pengaruh nya ya bang? Kalau bukan kira" kenapa ya bang, mohon pencerahanya bang??? Terima kasih bang

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. yok plese subscribe my channel namanya tetewkocak disana ada konten ff dan nanti ada konten atau video lol atau league of legends subs y nanti ku sub balik

    BalasHapus
  13. Halo saya ingin bertanya nih, umur Channel saya sekitar 8 bulan, jujur kalau mengenai SUBS4SUB saya tdk pernah melakukan hal itu, kalau ada orang SUBSCRIBE Channel saya, lalu sebagai imbalannya, jika saya suka dgn konten tsb, maka saya auto akan sub balik Channel itu menggunakan akun saya yg satu lagi, guna untuk menghindari subs4sub, tapi akun bodong ku selalu aktif kok buat nonton yg udah aku SUBSCRIBE, kira2 tindakan ku itu gimana ya, apakah sudah betul belum untuk menghindari subs4sub....??? Mohon direspon....tks

    BalasHapus
  14. Ga n kalau Chanel kita isi nya cuman video singkat aja apakah bisa monetize gan ?

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Masuk akal... trims pemcerahannya 🙏❤
    https://orangtuaidaman.com

    BalasHapus
  17. Sub4sub....
    Nyesal sudahhh aku..
    Lebih baik aku komen2 dengan komentar yg bagus dichanel orang yg subscribenya uda jutaan...
    Biar trending teratas..
    Dan subscribe baru pun akan berdatangan dengan sendirinya

    BalasHapus
  18. Monggo mampir ke channel saya
    Youtube.com/c/idasha99

    BalasHapus
  19. Konten apa yang paling di cari orang sih.subcribe ku gak naik²

    BalasHapus
  20. https://youtube.com/channel/UCKeIZ-RxyQXx71V3av-h-vg

    BalasHapus